Toyota Agya 2023 bekas bisa menjadi alternatif jika ingin membeli mobil seken rasa baru berharga murah. Harganya sekarang dimulai dari Rp130 jutaan saja.
Toyota Agya baru sebenarnya sudah terbilang murah untuk pasar Indonesia. Akan tetapi, bagi yang modalnya lebih terbatas lagi, peminat dari city car ini bisa melirik Toyota Agya 2023 bekas.
Bagaimana tidak, harga Toyota Agya 2023 bekas saat ini dimulai dari Rp130 jutaan saja. Dengan harga seterjangkau itu, usianya juga baru satu tahun sehingga masih ‘rasa’ baru.
Menurut pantauan, sudah banyak sekali unit Toyota Agya 2023 bekas yang tersedia di pasar kendaraan seken. Peminat Toyota Agya tinggal mencari unit dari tipe dan harga yang sesuai dengan preferensi serta anggaran masing-masing.
Artikel kali ini akan membahas mengenai perbandingan harga Toyota Agya baru keluaran 2024 dengan unit seken produksi 2023. Bakal diulas pula antara lain mengenai spesifikasi dari model Toyota Agya terkini.
Harga Toyota Agya Baru 2024
Mari mulai dengan harga Toyota Agya baru 2024 terlebih dahulu. Model Toyota Agya termutakhir secara garis besar terdiri dari varian E, G, dan GR Sport.
Toyota Agya varian E dan G masih tergolong segmen low cost green car (LCGC) yang mendapatkan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPNBM) sangat rendah dari pemerintah yaitu 3 persen saja.
Sementara itu, Toyota Agya GR Sport sudah masuk kategori city car non-LCGC yang tidak mendapatkan keistimewaan pajak dari pemerintah.
Harga Toyota Agya baru 2024, pada awal Oktober 2024, dimulai dari Rp170,9 juta on the road (OTR) Jakarta sampai Rp261,8 juta OTR Jakarta. Berikut adalah daftar harga OTR Jakarta lengkapnya, berdasarkan informasi dari situs resmi Toyota Indonesia:
- 1.2 E MT (Spot Order) Rp170,9 juta
- 1.2 G MT Rp178,4 juta
- 1.2 G CVT Rp194,4 juta
- 1.2 GR Sport MT Rp243 juta
- 1.2 GR Sport MT Two Tone Rp245,5 juta
- 1.2 GR Sport CVT Rp259,3 juta
- 1.2 GR Sport CVT Two Tone Rp261.800.000
Harga Toyota Agya 2023 Bekas
Harga Toyota Agya 2023 bekas sudah pasti lebih murah ketimbang unit baru rakitan 2024. Dengan rentang usia yang cuma beda setahun, kondisinya pun masih relatif sangat terjamin atau bahkan sangat mirip dengan unit baru.
Situs jual-beli Mobil123.com, ketika artikel ini naik tayang, memajang nyaris 250 iklan Toyota Agya bekas 2023 dari bermacam tipe. Jadi, banyak sekali pilihan unit dari mobil bekas rasa baru ini yang bisa dilihat dan dicek langsung.
Harga Toyota Agya 2023 termurah sejauh ini adalah Rp133 juta, dengan tipe G MT. Jika dibandingkan dengan unit baru keluaran 2024 dari tipe yang sama, berarti perbedaan banderolnya bisa mencapai mencapai Rp45,4 juta.
Kemudian, harga Toyota Agya 2023 termahal sementara ini ialah Rp256 juta, dengan tipe GR Sport AT One Tone Colour. Perbedaan banderolnya dengan unit baru keluaran 2024 dari tipe yang sama tergolong kecil karena hanya beda beberapa juta rupiah saja, tepatnya berselisih Rp3,3 juta.
Berikut adalah kisaran harga Toyota Agya 2023 bekas untuk varian G dan GR Sport:
- Toyota Agya 2023 bekas varian G (MT hingga AT): Rp133 juta sampai Rp191,4 Juta
- Toyota Agya 2023 bekas varian GR Sport (MT hingga AT): Rp158 juta sampai Rp256 juta.
Spesifikasi Toyota Agya Generasi Kedua
Toyota Agya, mulai 2023, sudah masuk model generasi kedua. Peluncurannya berlangsung pada awal tahun, tepatnya pada Maret 2023 dalam ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) di Senayan.
Toyota Agya generasi kedua dibangun di atas platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Secara desain, lekuk-lekuk bodinya menjadi berkesan jauh lebih sporty, antara lain lewat konsep ‘Styling Powerful’ yang memperlihatkan sudut-sudut tajam pada berbagai sisi.
Dimensi Toyota Agya mulai 2023 juga menjadi lebih besar, sehingga menawarkan ruang kabin maupun bagasi lebih lega. Panjangnya bertambah menjadi 3.760 mm (vs generasi pertama 3.660 mm), dengan lebar yang juga bertambah menjadi 1.665 mm (vs generasi pertama 1.660 mm).
Namun, tingginya berkurang sedikit menjadi 1.505 mm (vs generasi pertama 1.520 mm). Sementara itu, jarak sumbu roda alias wheelbase bertambah menjadi 2.525 mm vs generasi pertama 2.450 mm). Ruang kargo membesar berkat panjang bagasi yang bertambah menjadi 610 mm.
Toyota Agya 2023 bekas maupun yang saat ini yaitu 2024 menggunakan mesin baru 1.2-liter berkode WA-VE, 3 silinder, DOHC, Dual VVT-I. Meski demikian, perbedaan setelan membuat tarikan Toyota Agya GR Sport menjadi lebih responsif pada putaran bawah.
Gelontoran tenaganya puncaknya 88 ps di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 112 Nm di 4.500 rpm. Sebagai padanannya, diberikanlah transmisi baru D-CVT yang menyalurkan muntahan daya plus torsi dari mesin menuju kedua roda depan.
Konsumsi BBM Toyota Agya generasi kedua yang sekarang terdiri dari tahun produksi 2023 dan 2024 menjadi lebih baik daripada model generasi pertama.
Toyota Agya generasi kedua bertransmisi manual digadang-gadang punya konsumsi BBM hingga 21,7 km per liter (sebelumnya 19,5 km per liter). Adapun transmisi otomatisnya diklaim memiliki konsumsi BBM 21,0 km per liter (sebelumnya 19,7 km per liter).
Semua tipe Toyota Agya generasi kedua sudah dilengkapi fitur sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) plus Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Speed Sensor Lock, Rear Parking Sensor, Alarm dan Immobilizer, Seat Belt Warning, ISOFIX, Dual Airbags, Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Asssist (HSA).
Toyota Agya generasi kedua varian G CVT juga punya Paddle Shift, Digital AC, Power Mode, Head Unit 7 Inci.
Sementara itu, Toyota Agya generasi kedua varian GR Sport diberikan tambahan fitur seperti Electric Outer Mirror, Wireless Charging, Head Unit 8 Inci. Masih ada lagi Steering Switch Button yang lebih banyak, Meter Cluster Full Digital, Traction Control.
Perbedaan Toyota Agya generasi kedua tipe GR Sport dan yang dibawahnya tak berhenti sampai situ.
Pada eksterior, ada tambahan GR front aero mudguard, GR side skirt, GR rear aero mudguard, GR skid plate, pelek lebih besar 1 inci dengan desain berbeda (15 inci, desain machinering), emblem GR Sport pada pintu bagasi.
Pada interior, Toyota Agya GR Sport pun lebih berkesan mewah dan sporty karena jok kursi berlapis bahan mirip suede, lingkar kemudi berbalut kulit sintetis, aksen jahitan merah pada berbagai sisi, karpet lantai berlogo GR Sport.
Kaki-kaki Toyota Agya 2023 bekas dan 2024 sebagai model generasi kedua diberkahi suspensi baru. Namun, varian GR Sport dibedakan lagi dengan coil spring dan shockbreaker lebih rigid ketimbang All New Agya E dan G.
Steering gear Toyota Agya GR Sport pun punya gear ratio lebih rendah, penggunaan power steering serta power motor berspesifikasi lebih tinggi, ban jenis sports sebagai standar.
Tak heran, kalau Anda membeli Toyota Agya 2023 bekas atau pun 2024 varian GR Sport, rasa berkendaranya lebih mumpuni dan mengasyikkan ketimbang yang varian E atau G. [Xan/YS]