Scroll untuk baca artikel
Serba Serbi

Hutan Mycelia: Wahana Baru di Lembang yang Menawarkan Pengalaman Alam Terbuka

6
×

Hutan Mycelia: Wahana Baru di Lembang yang Menawarkan Pengalaman Alam Terbuka

Share this article
hutan-mycelia:-wahana-baru-di-lembang-yang-menawarkan-pengalaman-alam-terbuka
Hutan Mycelia: Wahana Baru di Lembang yang Menawarkan Pengalaman Alam Terbuka

Kawasan Lembang, Bandung Barat, menjadi destinasi wisata favorit bagi banyak orang, baik untuk libur Natal maupun Tahun Baru. Selain Gunung Tangkuban Parahu dan kawasan kebun teh, wilayah ini menawarkan obyek wisata baru yang menarik, yaitu Hutan Mycelia. Hutan Mycelia adalah wahana edukasi yang menggabungkan unsur alam, seni, dan teknologi, yang tersedia di Terminal Wisata Grafika Cikole, Lembang.

Lokasi dan Harga Tiket Hutan Mycelia

Hutan Mycelia merupakan wahana wisata alam pertama di Lembang yang beroperasi malam hari. Di sini, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan hutan pinus yang dihiasi dengan lampu-lampu berbentuk jamur berwarna-warni. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 18.00 hingga 22.00 WIB. Harga tiket masuknya sebesar Rp50.000 per orang, dan anak-anak di bawah usia 5 tahun gratis.

Ketika memasuki Hutan Mycelia, pengunjung akan menemukan berbagai spot foto yang instagramable. Selain keindahan alamnya, Hutan Mycelia juga memiliki unsur edukasi. Di sini, pengunjung akan dijelaskan mengenai jamur dan peran pentingnya bagi kehidupan. Ada beberapa cerita yang dikemas dalam audio visual yang akan memberikan edukasi kepada anak-anak.

Hutan Mycelia menjadi alternatif pilihan wisatawan yang berwisata ke Lembang di malam hari. Dengan cahaya warna-warni yang dihasilkan dari lampu-lampu berbentuk jamur berbagai ukuran, suasana berbeda di tengah hutan pinus cikole lembang. Hutan Mycelia digagas pengelola objek wisata Terminal Grafika Cikole sebagai wahana baru alternatif berwisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Baca juga: Wisata Stone Garden Citatah, Bukti Bandung Dulu Berada di Bawah Laut

Rute Perjalanan ke Lokasi

Rute yang akan dilalui cukup sederhana, tidak terlalu sulit. Hanya perlu menempuh jarak sekitar 16 kilometer. Jika Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Bandung, mulailah dari Jalan Ir. H. Juanda, kemudian lanjut lurus hingga mencapai Jalan Dago Giri. Setelah itu, di pertigaan Jalan Dago Giri, ambil belokan kiri menuju Jalan Buniwangi. Tetap berjalan lurus hingga mencapai pertigaan Jalan Ciputri, kemudian ambil belokan kanan menuju Jalan Nyampay.

Ketika melewati pertigaan yang menanjak di Jalan Nyampay, ambil belokan kiri hingga sampai kembali ke pertigaan. Kemudian, ambil belokan kanan ke Jalan Raya Tangkuban Parahu, lalu ambil belokan kiri di tikungan Jalan Raya Lembang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Indomaret dan Alfamart.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Belanja di Bandung, Surga Bagi Pecinta Fesyen

Konsep Wisata Hutan Mycelia

Hutan Mycelia memiliki sebuah konsep yang mengusung tema jamur, menawarkan pengalaman wisata yang edukatif bagi pengunjungnya dengan tujuan untuk memperkenalkan dunia jamur secara mendalam. Dengan menggabungkan pemandangan alam pepohonan dan bebatuan yang diberi pencahayaan warna-warni serta elemen audio visual, tempat ini menciptakan pengalaman belajar yang unik dan menarik. Pengalaman ini tidak hanya menarik bagi anak-anak dan para pecinta seni, tetapi juga memberikan kesempatan yang menyenangkan untuk mempelajari lebih lanjut

Wahana dan Fasiitasnya

Hutan Mycelia mengombinasikan unsur edukasi, seni, dan keindahan alam, menciptakan destinasi wisata malam yang menakjubkan dan penuh imajinasi. Istilah “Mycelia” merujuk pada jaringan jamur yang sering ditemukan di dalam hutan. Begitu memasuki kawasan Hutan Mycelia Lembang, pengunjung akan disambut oleh hutan dan pohon-pohon yang terang benderang, memberikan sensasi magis layaknya di negeri dongeng.

Para wisatawan dapat menikmati berbagai animasi dan patung jamur yang diterangi oleh lampu, serta pengalaman audio visual yang unik dalam menjelajahi keindahan alam. Jika diamati dengan saksama, pengunjung dapat mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia jamur di dalam hutan ini. Ada beberapa rumah Mycelia dengan desain yang berbeda-beda yang pengunjung dapat masuki secara bebas. Di samping itu, tersedia beberapa gerai makanan di dalam kawasan Hutan Mycelia.

Untuk membuat petualangan di dalam hutan semakin menyenangkan dan seru, pengunjung dapat menggunakan face painting sebelum memasuki kawasan hutan.

Baca juga: Mengintip Coffee Truck Pertama Bandung di Wisata Kuliner Jalan Cibadak

Tips Wisata ke Hutan Mycelia

Agar liburanmu ke Hutan Mycelia tetap menyenangkan meskipun dalam musim penghujan, ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan. Pertama, pastikan untuk memilih pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca. Selain itu, memilih alas kaki yang tepat untuk berjalan di alam juga sangat penting.

Pastikan juga kendaraan yang digunakan dalam perjalanan menuju Hutan Mycelia berada dalam kondisi baik. Jika terdapat prakiraan hujan deras, sebaiknya membawa payung dan jas hujan untuk kenyamanan selama berada di hutan. Karena hutan mungkin menjadi licin saat hujan, selalu berjalan dengan hati-hati.

Jangan lupa untuk selalu membawa tas sampah dan membuang sampah dengan benar. Selama menjelajahi hutan, penting untuk tetap berada di jalur yang telah ditetapkan dan menghindari aktivitas yang dapat merusak vegetasi dan fasilitas yang ada. Dengan memperhatikan tips ini, liburan ke Hutan Mycelia akan berjalan lebih lancar dan meninggalkan kesan yang mengesankan.

Sumber:

https://bandungraya.inews.id/read/352669/hutan-mycelia-wisata-edukasi-alam-terbuka-dengan-suasana-pohon-pinus-lembang

https://bandung.bisnis.com/read/20231231/549/1728351/habiskan-libur-tahun-baru-di-hutan-menyala-mycelia-cikole-lembang

https://www.idntimes.com/travel/destination/tiara-motik/hutan-mycelia-lembang-c1c2?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *