Scroll untuk baca artikel
Serba Serbi

Daftar Pemain Skuad Slovenia EURO 2024, Nama, Nomor, Klub

2
×

Daftar Pemain Skuad Slovenia EURO 2024, Nama, Nomor, Klub

Share this article
daftar-pemain-skuad-slovenia-euro-2024,-nama,-nomor,-klub
Daftar Pemain Skuad Slovenia EURO 2024, Nama, Nomor, Klub

tirto.id – Daftar pemain Slovenia untuk EURO 2024 diisi oleh sejumlah pemain bintang seperti Jan Oblak (Atletico Madrid), Josip Ilicic (NK Maribor), dan Benjamin Sesko (RB Leipzig). Tim berjuluk Fantje tersebut baru 1 kali tampil di putaran final Piala Eropa, yakni tahun 2000 dan terhenti di babak grup.

EURO 2024 menjadi kesempatan ke-2 Slovenia bermain di Piala Eropa. Mereka bakal berupaya meraih hasil terbaik. Tergabung di Grup C bersama Denmark, Serbia, dan Inggris, tim besutan Matjaz Kek menjadi salah satu kuda hitam di turnamen kali ini.

Slovenia sendiri finis sebagai runner-up Grup H kualifikasi EURO 2024 di bawah Denmark. Dalam 10 laga yang dijalani, Jan Oblak dan kawan-kawan mencatat 7 kemenangan, 1 kali seri, dan 2 kali tumbang. Perolehan poin mereka pun sama dengan Denmark yang menjadi juara grup.

Daftar Pemain Slovenia di EURO 2024: Ada Oblak dan Sesko

Slovenia menjadi salah satu tim yang tidak memiliki banyak pemain bintang di EURO 2024. Praktis, hanya Jan Oblak dan Benjamin Sesko yang memiliki nama besar dan merupakan pemain kunci dari negara pecahan Yugoslavia tersebut.

Jan Oblak, yang memegang ban kapten tim, diperkirakan memiliki peran penting pada EURO 2024 nanti. Kiper Atletico Madrid itu diprediksi bakal menjadi pemain kunci dalam upaya Slovenia melaju ke fase knock out.

Musim ini, Jan Oblak tetap jadi andalan Atletico Madrid yang finis di peringkat ke-4 LaLiga 2023/2024 dan perempat final Liga Champion. Kendati gagal meraih gelar, performanya di bawah mistar cukup menjanjikan dan merupakan salah satu penjaga gawang terbaik di dunia saat ini.

Selain Oblak, pemain lain yang memiliki kualitas top adalah Benjamin Sesko. Penyerang RB Leipzig berusia 21 tahun tersebut digadang-gadang bakal menjadi bintang masa depan di sepak bola Eropa. Oleh karena itu, EURO 2024 bisa menjadi panggung untuk Sesko agar bisa mencuri perhatian klub yang lebih besar dari Leipzig.

Sementara itu, pemain-pemain lain di skuad Slovenia juga diharapkan mampu menampilkan performa terbaik. Meski sudah melewati masa keemasannya, Slovenia juga memiliki Josip Ilicic, yang sempat jadi bintang Atalanta saat lolos ke babak perempat final Liga Champion 2020.

Pengalaman Ilicic diharapkan bisa membantu negaranya meraih hasil terbaik di EURO 2024. Minimal dapat lolos dari fase grup EURO 2024.

Di samping nama-nama di atas, pemain-pemain lain di skuad Slovenia untuk EURO 2024 berasal dari klub yang beragam. Berikut ini adalah daftar lengkap 26 pemain Slovenia di Piala Eropa 2024, lengkap dengan nomor punggung dan asal klub:

Kiper:

1. Jan Oblak (Atletico Madrid)

12. Vid Belec (APOEL Nicosia)

16. Igor Vekic (Vejle)

Bek:

2. Zan Karnicnik (Celje)

3. Jure Balkovec (Alanyaspor)

4. Miha Blazic (Lech Poznan)

6. Jaka Bijol (Udinese)

13. Erik Janza (Gornik Zabrze)

20. Petar Stojanovic (Sampdoria)

21. Vanja Drkusic (Sochi)

23. David Brekalo (Orlando City)

Gelandang:

5. Jon Gorenc Stankovic (Sturm Graz)

7. Benjamin Verbic (Panathinaikos)

8. Sandi Lovric (Udinese)

10. Timi Max Elsnik (Olimpija Ljubljana)

14. Jasmin Kurtic (Sudtirol)

15. Tomi Horvat (Sturm Graz)

22. Adam Gnezda Cerin (Panathinaikos)

24. Nino Zugelj (Bodo/Glimt)

25. Adrian Zeljkovic (Sparta Trnava)

26. Josip Ilicic (NK Maribor)

Penyerang:

9. Andraz Sporar (Panathinaikos)

11. Benjamin Sesko (RB Leipzig)

17. Jan Mlakar (Pisa)

18. Zan Vipotnik (Bordeaux)

19. Zan Celar (Lugano)

Pelatih: Matjaz Kek.

tirto.id – Olahraga

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Ahmad Yasin & Fitra Firdaus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *