Scroll untuk baca artikel
Unik

Keguguran Saat Hamil Muda, Satu Ovarium Kiky Saputri Harus Diangkat

4
×

Keguguran Saat Hamil Muda, Satu Ovarium Kiky Saputri Harus Diangkat

Share this article
keguguran-saat-hamil-muda,-satu-ovarium-kiky-saputri-harus-diangkat
Keguguran Saat Hamil Muda, Satu Ovarium Kiky Saputri Harus Diangkat

Menyambut tahun baru dengan kehamilannya bersama dengan Muhammad Khairi, Kiky Saputri kini harus membagikan kabar duka mengenai keguguran yang dialaminya. Belum sampai 3 bulan usia kandungannya, Kiky dan Khairi kehilangan calon buah hatinya.

Tidak hanya sampai di situ, ternyata Kiky harus menerima kenyataan bahwa dirinya sudah tidak memiliki salah satu ovarium. Kiky pun membagikan kisahnya melalui video di kanal YouTube-nya pada Minggu (17/3) lalu. Begini cerita selengkapnya.

Keguguran di Usia Kehamilan yang Masih Muda

Di usia kandungan 2,5 bulan, Kiky mengalami keguguran. Paginya, ia mengalami flek yang awalnya masih sedikit. Tapi kemudian bertambah banyak, bahkan mengeluarkan darah. Ia pun pergi ke dokter untuk diperiksa. Sayangnya, janin diketahui sudah tak bernyawa. Ia pun menjalani kuret untuk mengeluarkan janinnya. Keguguran itu disebabkan karena adanya kista yang berkembang di rahimnya.

Kiky Saputri Keguguran
Kiky Saputri saat umumkan kehamilannya [Sumber Gambar]

Sebelumnya, ia sempat diberitahu dokter bahwa memiliki kista di bagian luar dinding rahim. Namun, dokter mengatakan kalau kista tersebut tidak akan mengganggu kehamilannya. Tapi, siapa sangka kista ikut berkembang semakin besar bersama dengan pertumbuhan janin yang dikandungnya.

Melakukan Operasi Pengangkatan Ovarium

Berawal dari hari Rabu (6/3), Kiky merasakan sakit di bagian bawah perut yang ia kira sebagai sakit saat sedang datang bulan. Tapi ternyata, sakit yang ia rasakan bertambah parah. Ia pun pergi ke rumah sakit dan ditemukanlah kista yang makin membesar sekitar 5,1-5,2 cm. Di hari yang sama, ia kembali merasakan rasa sakit yang luar biasa. Dokter pun mengambil tindakan operasi.

Kiky Saputri Keguguran
Kiky dan suami menceritakan mengenai keguguran Kiky [Sumber Gambar]

Terbangun pasca-operasi, Kiky diberitahu bahwa ovarium sebelah kirinya telah diangkat. Ini disebabkan karena kista telah menyelimuti ovarium bagian kirinya. Dokter mengatakan bahwa ovarium itu harus diangkat karena ada peradangan. Jika tidak segera diangkat, kista yang menggerogoti satu ovarium Kiky itu akan berkembang dan menjalar ke organ lain.

Pilihan Terakhir

Kiky Saputri Keguguran
Ovarium Kiky harus diangkat [Sumber Gambar]

Ternyata, ovarium kiri adalah tempat di mana janin yang dikandung Kiky berkembang. Tak heran jika mental Kiky sampai down. Namun, karena kista yang ada di ovariumnya bisa menjalar ke usus bahkan ke ovarium kanan, ovarium kiri harus segera diangkat. Nyawa Kiky juga terancam bahaya, pengangkatan ovarium kiri disebut dokter sebagai pilihan terakhir. Meski terpukul karena baru saja kehilangan calon buah hati, tapi Kiky dan sang suami harus menerima pengangkatan ovarium Kiky karena berbagai pertimbangan kesehatan.

BACA JUGA: Kiky Saputri Umumkan Kehamilan Anak Pertamanya Saat Sedang Liburan di London

Semoga Kiky diberikan pemulihan yang cepat dan diberikan kesempatan untuk memiliki buah hati bersama dengan suaminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *