Scroll untuk baca artikel
Serba Serbi

10 Tempat Sewa Bus Pariwisata di Jogja Lengkap dengan Alamat

5
×

10 Tempat Sewa Bus Pariwisata di Jogja Lengkap dengan Alamat

Share this article
10-tempat-sewa-bus-pariwisata-di-jogja-lengkap-dengan-alamat
10 Tempat Sewa Bus Pariwisata di Jogja Lengkap dengan Alamat

tirto.idSebagai destinasi wisata favorit, Yogyakarta mempunyai berbagai fasilitas pariwisata yang memberikan kemudahan bagi para pengunjung. Salah satu fasilitas itu adalah jasa sewa bus pariwisata Jogja.

Dengan menyewa bus pariwisata, rombongan wisata bersama keluarga atau kolega dapat lebih mudah berkeliling ke titik-titik wisata di Yogyakarta dan sekitarnya. Namun, sebelum memilih jasa sewa bus pariwisata Jogja, lebih baik mencermati sejumlah tips berikut ini.

Tips Memilih Sewa Bus Pariwisata

Beberapa tips memilih sewa bus pariwisata Jogja berikut ini merupakan petunjuk mencari penyedia jasa kendaraan yang terpercaya, kredibel, dan andal. Perlu diingat, penggunaan kendaraan sejenis bus pariwisata juga perlu memperhatikan aspek keamanan. Jadi, perlu memperhatikan sejumlah hal sebelum memilih jasa sewa bus pariwisata.

Sejumlah tips memilih bus pariwisata Jogja terbaik adalah sebagai berikut:

1. Lakukan riset sederhana di internet

Sebelum memilih jasa sewa bus pariwisata Jogja, sebaiknya lakukan riset sederhana via internet. Coba gunakan mesin pencari Google dan carilah sewa bus pariwisata Jogja. Dari situ, Anda akan mendapatkan nama, alamat, serta nomor telepon dari beberapa PO bus pariwisata di Jogja.

Setelah memperoleh data-data tadi, segera hubungi PO bus pariwisata di Jogja tersebut. Lalu, tanyakan berbagai hal penting, termasuk harga.

2. Pastikan legalitas bus pariwisata

Pastikan bus yang akan disewa punya izin operasi yang legal dan jelas. Untuk memastikan kejelasan izin operasi PO bus pariwisata, masukkan data nomor polisi bus yang disewakan ke website milik Kementerian Perhubungan, yakni https://spionam.dephub.go.id.

Setelah membuka situs Spionam Dephub, klik menu Cek Kendaraan. Lalu, masukkan data nomor polisi bus. Jika data dari bus tersebut muncul, itu berarti PO bus punya izin operasi yang sudah terverifikasi di Kemenhub.

3. Pastikan sopir sehat dan memiliki surat lengkap

Sopir bus adalah penentu utama yang membuat perjalanan aman dan nyaman. Pastikan sopir bus dalam kondisi sehat dan prima. Hal ini bisa dibuktikan dengan surat sehat yang menyatakan sopir dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Sopir bus juga harus memiliki surat-surat lengkap, seperti SIM untuk mengendarai bus, atau sertifikasi pelatihan sopir bus pariwisata.

4. Pastikan bus pariwisata dalam kondisi aman dan layak jalan

Memastikan bus pariwisata dalam kondisi aman dan layak jalan jelas amat penting untuk mengantisipasi risiko saat perjalanan. Untuk memastikan hal itu, hal pertama yang bisa dilakukan adalah melihat kondisi fisik bus, seperti apakah ada yang keropos, atau tampak lecet-lecet.

Indikator awal dari bus yang terawat baik adalah kondisi fisiknya tidak tampak cacat, baik interior mauoun eksterior. Kondisi bus juga bisa dicek dari suara mesin saat dihidupkan.

5. Pastikan fitur keamanan bus pariwisata berfungsi baik

Tips memilih bus pariwisata Jogja terbaik lainnya adalah memastikan bahwa kendaraan memiliki fitur-fitur keamanan lengkap dan berfungsi baik. Misalnya saja, bus dilengkapi dengan kotak P3K yang isinya lengkap, alat pemukul kaca atau pemadam kebakaran, dan pintu darurat yang bisa digunakan bila ada kondisi bahaya.

6. Konsultasikan rute wisata dengan sopir bus

Saat memilih jasa sewa bus pariwisata Jogja, jangan lupa mengonsultasikan rute wisata dengan sopir. Misalnya, menanyakan apakah rute menuju suatu lokasi wisaata terbilang landai atau banyak tanjakan dan berkelok-kelok. Jika rute perjalanan terhitung ekstrem dan rawan, pastikan sopir bus sudah paham risikonya dan mengerti medan.

7. Perhitungkan biaya perjalanan

Aspek terakhir yang penting diperhatikan adalah biaya atau harga sewa bus pariwisata di Yogyakarta. Sebaiknya sesuaikan harga sewa dengan budget yang tersedia.

Jika budget di bawah harga sewa bus pariwisata Jogja, carilah opsi dengan menawar atau meriset lagi lebih banyak penyedia jasa. Dengan begitu, biaya sewa bus pariwisata yang kelewat mahal bisa dihindari. Meskipun demikian, faktor keamanan dan kenyaman patut menjadi prioritas.

10 Tempat Sewa Bus Pariwisata di Jogja

Ada banyak penyedia jasa sewa bus pariwisata di Jogja yang kredibel, aman, dan tarifnya lumayan terjangkau.

Untuk membantu Anda mencari penyedia jasa yang sesuai dengan budget dan kebutuhan saat melancong ke Yogyakarta, berikut beberapa tempat sewa bus pariwisata Jogja yang bisa menjadi referensi:

1. Global Transport

Global Transport termasuk salah satu penyedia jasa sewa bus pariwisata Jogja yang bisa menjadi pilihan. Bus yang ditawarkan beragam, mulai dari Elf dengan kursi 15-19, micro bus dengan 12 kursi, bus medium dengan 37 kursi, dan bus besar dengan 60 kursi.

Harga sewa bus pariwisata Jogja dari Global Transport mulai dari Rp1,4 juta perhari untuk 30 kursi. Harga ini sudah termasuk bus, sopir, dan solar.

Alamat Global Transport: Jl. Imogiri Timur 200B, Rt 033 Rw 011, Giwangan, Umbulharjo Yogya. Kontak: 0274 434 0808/085729282928. Website: www.globaltransport.co.id.

2. Salsa Wisata

Salsa Wisata menjadi penyedia sewa bus pariwisata Jogja lainnya yang bisa dipilih. Jenis kendaraan yang disediakan PO bus pariwisata juga beragam. Harga sewa bus pariwisata Jogja dari Salsa Wisata mulai Rp1 juta per hari untuk kelas medium (22-33 kursi). Salsa Wisata juga menyediakan paket tur wisata dengan tarif mulai dari ratusan ribu rupiah.

Alamat Salsa Wisata Jogja: Jl. Kenari No.117, Jombor Kidul, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kontak: 0811-2939-969. Situs: salsawisata.com.

3. Happy Bus

Happy Bus atau Happy Tour termasuk PO bus pariwisata di Jogja yang bisa jadi referensi pilihan. Harga sewa bus pariwisata Jogja dari Happy bus untuk kelas medium (33 kursi) mulai dari Rp1,5 juta per hari. Adapun Tarif bus 50 kursi, mulai dari Rp2,5 juta per hari. Harga sudah termasuk BBM dan crew bus.

Alamat Happy Bus Jogja: Jalan Imogiri Barat KM 7 Bakung, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nomor kontak: 0811-2864-293. Website: happy-bus.id.

4. Alkawakibi Trans

PO bus pariwisata di Jogja milik PT. Alkawakibi Akbar Tourindo ini menyediakan bus wisata dari berbagai kelas. Mulai dari bus SHD (50 kursi), medium (35 kursi), Elf (18 kursi), dan lain sebagainya. Harga sewa bus pariwisata Jogja dari Alkawakibi Trans mulai dari Rp1,5 juta untuk bus medium dengan 35 kursi.

Alamat Alkawakibi Trans: Gaduh, Patalan, Kec. Jetis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nomor kontak: 0812-3233-98398. Website: alkawakibitrans.com.

5. Nagan Tour

Penyedia jasa sewa bus pariwisata Jogja lainnya adalah Nagan Tour. Tak hanya bus untuk wisata, Nagan Tour juga menyediakan sewa kendaraan untuk perjalanan bisnis dan acara lainnya. Pilihan armadanya juga bermacam-macam. Harga sewa bus pariwisata Jogja dari Nagan Tour untuk kelas medium (33 kursi) mulai dari Rp1,6 juta. Biaya sudah termasuk bus, supir, dan BBM.

Alamat Nagan Tour: Jl. Kersan No.124a, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nomor kontak: 0822-2686-7566. Website: nagantour.com.

6. Semut Ireng Transport

Semut Ireng Transport menyediakan bus pariwisata berukuran medium dengan 35 kursi dan 41 kursi penumpang. Harga sewa bus pariwisata Jogja Semut Ireng Transport untuk kelas medium (25-41 kursi) mulai dari 1,2 juta (setengah hari) dan Rp1,6 juta per hari. Tarif itu sudah termasuk BBM dan sopir.

Alamat Semut Ireng Transport Jogja: Jl. Seto Raya No. IB Blok XII, Perumnas Guwosari, Pajangan, Bantul, DIY. Nomor kontak: 085225555838. Situs: semutirengtransport.co.id.

7. Magneto Trans Holidays

Magneto Trans Holidays juga bisa menjadi pilihan. Berbagai jenis armada buat rombongan disediakan oleh Magneto Trans, mulai dari Medium Bus (31 kursi hingga 39 kursi) hingga Big Bus (50 kursi). Harga sewa bus pariwisata Jogja dari Rp1,7 juta per hari (medium bus 31 kursi) hingga Rp3 juta per hari (big bus 50 kursi). Harga itu sudah termasuk BBM dan jasa supir.

Alamat Magneto Trans Holidays: Jalan Kayen Raya, Tegalsari, Wedomartani, Sleman, DIY. Nomor kontak: 08179807474. Website: www.busjogja.id.

8. Jogja Indo Trans

Jogja Indo Trans termasuk salah satu penyedia jasa sewa bus pariwisata Jogja yang juga menawarkan paket wisata. Armada bus pariwisata yang ditawarkan beragam, mulai dari medium bus, big bus, dan micro bus.

Jogja Indo Trans menawarkan jasa sewa bus dengan paket durasi bervariasi, yaitu: 3 jam, 6 jam, 9 jam, 12 jam, serta 18 jam. Untuk kelas medium (31-33 kursi), misalnya, harga sewa bus pariwisata Jogja dari Jogja Indo Trans mulai dari Rp700 ribu per 3 jam, Rp900 ribu per 6 jam, Rp1,3 juta per 12 jam, hingga Rp1,5 juta per 18 jam.

Alamat Jogja Indo Trans: Pundung, Wukirsari, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta. Nomor HP untuk kontak: 0822-2131-1992. Website: jogjaindotrans.com.

9. Acropolis Trans

Acropolis Trans menyediakan berbagai tipe bus untuk berbagau keperluan, tidak sekadar berwisata. Acropolis Trans juga menyediakan berbagai paket wisata di Jogja, dan banyak daerah lain di Jawa.

Harga sewa bus pariwisata Jogja dari Acropolis Trans untuk kelas medium (35 kursi) mulai dari Rp1,5 juta. Untuk kelas big bus 50 kursi, harga sewanya mulai Rp2,5 juta. Harga tadi sudah termasuk BBM dan crew (sopir dan kenek).

Alamat Acropolis Trans: Jl. Parangtritis, Gelangan, Patalan, Kec. Jetis, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Nomor kontak: 0878-3838-5502. Website: acropolistrans.com.

10. Gege Transport

Gege Transport merupakan salah satu PO bus pariwisata di Jogja yang menyediakan sewa armada untuk keperluan lainnya pula. Gege Transport juga menyediakan paket perjalanan wisata ke berbagai daerah, termasuk Jawa-Bali-Lombok.

Harga sewa bus pariwisata Jogja di Gege Transport mulai Rp1,5 juta untuk kelas medium (31 kursi) mulai dari Rp1,5 juta. Gege Transport juga menyediakan Big Bus berkapasitas 50 kursi dan 32 kursi (plus leg rest).

Alamat Gege Transport: Jl. Makam Raja, Paduresan, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta. Info kontak: 0877-4795-6767. Instagram: @official.gegetransport.

Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Addi M Idhom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *