Scroll untuk baca artikel
Serba Serbi

Tidak Benar King Kevin Bagi-Bagi Uang dengan Komen Bulan Lahir

6
×

Tidak Benar King Kevin Bagi-Bagi Uang dengan Komen Bulan Lahir

Share this article
tidak-benar-king-kevin-bagi-bagi-uang-dengan-komen-bulan-lahir
Tidak Benar King Kevin Bagi-Bagi Uang dengan Komen Bulan Lahir

tirto.id – Informasi soal acara giveaway atau bagi-bagi uang tunai dengan mencatut nama-nama populer masih berkeliaran. Tokoh yang dikutip beragam, mulai dari desainer Ivan Gunawan, pedangdut Inul Daratista, hingga kini pengusaha King Kevin.

Sosok penting di balik Planet Gadget (bisnis retailer gadget) itu disebut tengah mengadakan giveaway kepada 100 orang dengan nominal Rp25 juta. Akun Facebook bernama “King Keviln” menyebarkan narasi ini disertai foto Kevin tengah duduk dan sejumlah ponsel tampak memadati mejanya.

Untuk mendapatkan cuan, akun itu menyebut, warganet mesti memberi komentar bulan kelahirannya. Di kolom komentar tampak banyak orang melakukan sesuai perintah, kemudian dibalas oleh sang pemilik akun bahwa pengumuman akan diberitahukan lewat Messenger.

PERIKSA FAKTA Tidak Benar King Kevin Bagi-Bagi Uang

PERIKSA FAKTA Tidak Benar King Kevin Bagi-Bagi Uang dengan Komen Bulan Lahir.

Per Senin (10/6/2024), unggahan yang dipublikasikan Sabtu (8/6/2024) ini sudah meraup 271 reaksi emoji dan 1.200 komentar, serta telah dibagikan ke 1.100 orang.

Dengan modus yang serupa, Tirto juga pernah memeriksa klaim mengenai King Kevin bagi-bagi uang, tetapi dengan cara mengucapkan “halo”. Namun, akun pengunggah saat itu terbukti bukanlah akun asli Kevin.

Lantas, bagaimana fakta klaim yang beredar sekarang? Benarkah King Kevin pada bulan Juni ini sedang bagi-bagi hadiah berupa uang tunai?

Penelusuran Fakta

Tirto mula-mula menelusuri akun Facebook pengunggah yang mencantumkan foto profil Kevin tengah memegang mic. Akun ini rupanya telah diikuti oleh 762 orang.

Akun tersebut turut mencantumkan keterangan di bionya berbunyi “King Kevin Official. Rezeki tak terduga untuk follower saya minggu ini. Mau masuk ke video saya? Silahkan Follow!”.

Jika menengok unggahan terdahulunya, akun ini terlihat pernah menyebarkan narasi yang sama persis pada Kamis (4/6/2024). Bahkan pada Senin (10/6/2024), akun ini mengunggah daftar foto pemenang yang mendapat hadiah uang tunai lengkap dengan nama dan bukti transfer.

Tirto lantas mencoba memverifikasi informasi ini dengan mengecek akun resmi Instagram King Kevin, yakni @kingkevinreal. Namun demikian, kami tak menemukan adanya informasi yang mengonfirmasi klaim yang berseliweran.

Acara bagi-bagi hadiahterakhir yang diselenggarakan Kevin hanya menyebut hadiah berbentuk berbagai merk ponsel, seperti bisa dilihat di highlight Instagram-nya berjudul “Giveaway”.

Dalam story-nya yang diunggah Senin (10/6/2024) ini, King Kevin mengingatkan pengikutnya untuk waspada terhadap penipuan lewat akun palsu.

Akun resminya disebut hanyalah akun dengan centang biru di bagian nama, termasuk akun Facebook “King Kevin” dengan foto profil Kevin mengenakan jas abu-abu. Per Senin (10/6/2024), akun asli Kevin sudah diikuti oleh 3,6 juta pengguna Facebook, berbeda dengan akun yang beredar, yang jumlah pengikutnya lebih sedikit.

Jadi, bisa disimpulkan kalau akun Facebook yang menyebarkan informasi giveway terbukti merupakan akun palsu.

Lewat story Instagram, Kevin menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah memungut biaya apapun dan tidak akan bertanggung jawab atas segala kerugian segala penipuan.

Saat Tirto menelusuri foto Kevin yang digunakan dalam unggahan Facebook dengan bantuan Google Lens, kami menemukan bahwa gambar tersebut berasal dari video yang disiarkan kanal YouTube “Planetgadget”. Video itu berjudul “KING KEVEEN BAGI BAGI HADIAH” dan tayang empat tahun silam.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran fakta yang sudah dilakukan, narasi di Facebook terkait Bos Planet Gadget, King Kevin, bagi-bagi hadiah dengan cara memberi komentar bulan lahir bersifat salah dan menyesatkan (false & misleading).

Setelah mengecek akun resmi Instagram King Kevin, @kingkevinreal, Tirto tak menemukan adanya informasi yang mengonfirmasi klaim yang berseliweran. Lewat story-nya yang diunggah Senin (10/6/2024) ini, King Kevin mengingatkan pengikutnya untuk waspada terhadap penipuan lewat akun palsu.

Akun resminya disebut hanya yang ada centang biru di bagian nama, termasuk akun Facebook “King Kevin” dengan foto profil Kevin mengenakan jas abu-abu.

==

Bila pembaca memiliki saran, ide, tanggapan, maupun bantahan terhadap klaim Periksa Fakta dan Decode, pembaca dapat mengirimkannya ke email factcheck@tirto.id.

tirto.id – Sosial budaya

Penulis: Fina Nailur Rohmah
Editor: Farida Susanty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *