Scroll untuk baca artikel
Unik

Perut Bayi Laki-Laki Berusia 5 Bulan Membesar, Dikira Kembung Ternyata ‘Hamil’ Kembarannya

4332
×

Perut Bayi Laki-Laki Berusia 5 Bulan Membesar, Dikira Kembung Ternyata ‘Hamil’ Kembarannya

Share this article
perut-bayi-laki-laki-berusia-5-bulan-membesar,-dikira-kembung-ternyata-‘hamil’-kembarannya
Perut Bayi Laki-Laki Berusia 5 Bulan Membesar, Dikira Kembung Ternyata ‘Hamil’ Kembarannya

Seorang bayi laki-laki berusia 5 bulan di Pesisir Selatan, Sumatra Barat, disebut tengah hamil saudara kembarnya. Hal ini sontak membuat heboh banyak pihak. Berawal dari sebuah video yang tersebar di media sosial, salah satunya di Instagram @kabarpessel yang mengabarkan keadaan sang bayi.

Sempat Dikira Kembung

Pasangan suami istri Hendi dan Usmaina, baru saja menyambut kelahiran anak keempat mereka, AA, lima bulan lalu. Namun, saat memasuki usia 1 bulan, perut AA membesar. Terdapat sesuatu yang tumbuh sebesar jempol di perut anak mereka. Awalnya, pasangan warga Kampung Limau Sundai, Kenagarian IV Koto Hilir, Kecamatan Batan Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, ini mengira anaknya kembung dan kram perut.

Bayi Laki-Laki Hamil Kembarannya
Awalnya dikira kembung dan kram [Sumber Gambar]

Keduanya kemudian membawa AA ke bidan dan dukun kampung. Namun, melihat perut anaknya yang semakin membesar dan tak kunjung membaik, Hendi dan usmaina pun memberanikan diri membawa AA ke rumah sakit.

Mengandung Kembarannya

Saat diperiksa di RSUD M. Zein Painan, AA didiagnosa memiliki tumor di perutnya. Ia pun dirujuk ke Di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M. Djamil Padang. Di rumah sakit tersebut, dokter melakukan CT Scan dan hasilnya pun menunjukkan bahwa terdapat tumor yang ada di dalam perut AA.

Bayi Laki-Laki Hamil Kembarannya
Bayi mengandung janin kembarannya [Sumber Gambar]

Tumor tersebut terdiri dari jaringan, seperti otot, lemak, hingga tulang. Tumor ini menyerupai makhluk hidup. Kondisi yang dialami AA disebut juga sebagai fetus in fetu, atau adanya fetus (janin) di dalam bayi. Di dalam perut AA, berkembang janin yang semula adalah kembarannya. Mereka tidak terpisah, sehingga kembaran AA menempel padanya.

Menurut penuturan Usmaina, ternyata saat hamil, ia awalnya diduga tengah mengandung anak kembar. Padahal, ia dan suaminya tidak ada riwayat anak kembar. Tapi ternyata, hanya ada AA yang lahir.

Akan Dioperasi

Kondisi yang dialami AA, fetus in fetu, adalah kondisi yang langka dan jarang sekali terjadi. Dokter Bedah Anak RSUP M. Djamil Padang, dr. Budi Pratama Arnofyan mengatakan bahwa kasus seperti yang dialami anak Hendi dan Usmaina ini terjadi berbanding 1 dari 30.000 sampai 40.000 kehamilan.

Ilustrasi Fetus in Fetu
Ilustrasi Fetus in Fetu [Sumber Gambar]

Karena kondisi AA, ia akan menjalani operasi bedah perut untuk dilakukan pengangkatan tumor. Sebagai orang tua, Hendi dan Usmaina hanya ingin anaknya bisa tumbuh seperti anak-anak pada umumnya.

BACA JUGA: 

Orang tua mana yang tak teriris hatinya melihat sang buah hati sedang sakit. Apalagi, kondisi yang dialami AA adalah sesuatu yang sangat langka. Semoga, operasi yang telah dijadwalkan dapat berjalan lancar dan AA bisa segera pulih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *