Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Toyota Mulai Lakukan Uji Coba Prototype Hilux FCEV?

3
×

Toyota Mulai Lakukan Uji Coba Prototype Hilux FCEV?

Share this article
toyota-mulai-lakukan-uji-coba-prototype-hilux-fcev?
Toyota Mulai Lakukan Uji Coba Prototype Hilux FCEV?

RiderTua.com – Toyota Hilux menjadi mobil pikap unggulannya di pasar global, dengan hasil penjualan yang cukup memuaskan. Karena masih laris terjual dan memiliki potensi tinggi, mereka kemudian mengembangkan varian ramah lingkungannya, termasuk varian listrik. Ternyata Toyota juga mengembangkan varian hidrogen fuel cell atau FCEV untuk Hilux. Bahkan model prototype-nya sudah dirakit untuk selanjutnya dilakukan uji coba.

Toyota Hilux Memiliki Dua Varian Ramah Lingkungan

Mobil pikap, baik single maupun double cabin masih menjadi incaran bagi konsumen di seluruh dunia. Model seperti Toyota Hilux masih menjadi salah satu pikap terlaris, dan mereka kemudian mengembangkan varian baru lainnya. Setelah varian listriknya siap diproduksi tahun depan, mereka menghadirkan model hidrogen fuel cell atau FCEV.

Tidak seperti versi BEV, Hilux versi FCEV nampak seperti model konvensionalnya, walau dengan perbedaan pada tenaga penggerak yang dipakainya. Toyota sendiri telah memulai produksinya di Inggris, meski mereka baru merakit 10 unit prototype Hilux FCEV, dan mereka akan menggunakannya dalam serangkaian uji coba. Tentunya ini dilakukan agar melihat seperti apa performa dan efisiensinya.

Pikap Hidrogen

Karena merupakan mobil FCEV, Hilux memakai tenaga penggerak yang mirip dengan Mirai, mobil hidrogen pertama Toyota. Dengan ini, mobil dapat melaju sejauh 600 km dalam keadaan tangki bahan bakar terisi penuh, dan jarak tempuh ini sudah lebih jauh dari mobil listrik. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 179 hp serta torsi 300 Nm, cukup besar untuk mobil pikap double cabin seperti Hilux.

Toyota memang sudah memproduksinya, tapi untuk produksi massalnya akan dimulai sekitar tahun 2026 atau 2027. Untuk sekarang mereka akan melakukan uji coba terlebih dahulu, dan setelah modelnya disempurnakan, Hilux FCEV bisa diproduksi. Sementara versi listriknya akan dirakit di Thailand mulai tahun depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *